Senin, 25 Mei 2009

Atap Sekolah Runtuh, 10 Siswa Terluka

GRESIK, KOMPAS.com — Sedikitnya 10 siswa mengalami luka-luka akibat tertimpa reruntuhan atap ruang kelas 1 Sekolah Dasar Negeri (SDN) Sidomoro 1, Kecamatan Kebomas, Kabupaten Gresik, Jawa Timur, Senin (6/4).

Sasalah seorang korban, Nadia Prawiranegara, menjelaskan, runtuhnya atap plafon ini akibat kerangka kayu sudah tidak kuat menahan beban karena dimakan rayap. Menurut Nadia, ambrolnya atap plafon ruang kelas 1 ini terjadi saat kegiatan belajar mengajar sedang berlangsung. Akibatnya, sejumlah siswa termasuk seorang guru mengalami luka di kepala, punggung, dan tangan karena tertimpa reruntuhan kayu dan asbes. Beruntung, tidak ada siswa yang mengalami luka serius, setelah mendapat pengobatan di ruang Unit Kesehatan Sekolah.

Sementara itu, Kepala SDN Sidomoro 1 Sumadi enggan menceritakan kejadian ambruknya plafon. Bahkan, ia terkesan berusaha menghindar dari wartawan. Akibat kejadian tersebut, pihak sekolah meliburkan siswa kelas 1 selama seminggu karena ruang kelas masih belum bisa ditempati.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Gresik Chusaini Mustaz membenarkan adanya laporan ambruknya plafon SDN Sidomoro 1. Menurutnya, kemungkinan usia ruang kelas yang sudah tua karena dibangun sejak 1986. Hampir seluruh kerangka plafon yang terbuat dari kayu, dan ditutup dengan asbes itu sudah lapuk, katanya.

Namun, Chusaini tetap memerintahkan agar pihak sekolah tidak meliburkan siswanya. Karena di SD Sidomoro masih memiliki satu ruang kosong yang bisa digunakan untuk sementara waktu.

Ia memastikan tahun ini akan mengalokasikan anggaran rehab sekolah melalui dana alokasi khusus (DAK) 2009 senilai Rp 70 juta per ruang kelas. Tahun ini dana DAK Pendidikan mencapai Rp 31 miliar.

Mengenai korban luka, Chusaini mengatakan, dinasnya siap memberikan bantuan. Namun, pihaknya akan mendata terlebih dahulu untuk menentukan mana yang layak mendapat bantuan, serta besaran dana. Jangan sampai dana jatuh pada siswa yang tidak layak mendapat bantuan, katanya.

XVD
Sumber : Ant

Sumber: Kompas.Com
http://regional.kompas.com/read/xml/2009/04/06/2147149/
Atap.Sekolah.Runtuh..10.Siswa.Terluka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar